Cara Mudah Makan Sehat di Hari Raya



Assalamualaikum. Pada kesempatan kali ini Saya ingin sedikit berbagi dengan judul Cara Mudah Makan Sehat di Hari Raya. Hari raya identik dengan aneka jenis hidangan dan camilan bernilai kalori tinggi. Anda harus tahan ‘godaan’.
http://www.makeitaffordable.com/wp-content/uploads/2013/08/Makanan-Yang-Mengganggu-Kesehatan-Makanan-Mengandung-Gula-Dan-Lemak-Makan-Mengandung-Karbohidrat.jpg
Setiap kali Lebaran tiba, sudah terbayang hidangan apa yang akan tersaji di atas meja. Kalau tidak hati-hati, bisa-bisa angka timbangan dan kadar kolerterol Anda melesat naik begitu hari raya berlalu!

Berikut ini tips untuk menjaga makan saat hari raya tiba :


JANGAN BALAS ‘DENDAM’

Menjalani puasa sebulan penuh biasanya menjadi santapan bagi kita untuk melahap apa pun yang tersaji di depan mata. Padahal, hidangan Lebaran punya bobot yang jauh lebih berat ketimbang makanan pada hari-hari biasa. Oleh karena itu, manfaatkan nafsu makan Anda yang hampir melemah setelah berpuasa untuk mengontrol porsi makanan yang Anda lahap ketika berlebaran. Jangan jadikan hari raya sebagai pelampuasan dendam Anda kala berpuasa.

AMBIL KUAH SEDIKIT SAJA

Anda pasti sudah tahu apa penyebab harga kelapa melejit  tinggi menjelang Lebaran. Ya, karena hampir semua hidangan hari raya dimasak dengan menggunakan santan. Terbayang kan berapa banyak kalori yang aka n ditransfer dari atas piring ke dalam tubuh Anda? Bisakah Anda bayangkan pula banyaknya lemak yang akan menumpuk di dalam pembuluh darah? Untuk mengurangi ‘bahaya’, ambil sesedikit mungkin kuah hidangan yang berbahan dasar santan.

BANYAK MINUM AIR PUTIH

Meneguk segelas air putih sebelum makan bukan hanya baik untuk mendatangkan perasaan kenyang, namun juga berguna untuk melancarkan sisem pencernaan Anda. Pasalnya, hidangan Lebaran yang tinggi lemak dan minim sayuran bisa membuat Anda beresiko terserang sembelit. Air putih juga ampuh , membantu menggelontorkan sisa-sisa lemak yang menempel pada usus Anda.

AKTIF BERGERAK UNTUK GANTIKAN OLAHRAGA

Anjuran untuk berolahraga saat liburan hari raya mungkin terdengar idealis. Sebagai gantinya usahakan tubuh tetap aktif bergerak kapan saja, di mana saja. Anda perlu sarana untuk membakar kalori yang menumpuk di tubuh. Jadikan acara bersih-bersih baru Anda sebagai ‘olah raga’ baru untuk membakar kalori.

KURANGI MAKANAN BERBUMBU TAJAM

Anda yang memiliki gangguan maag sebaiknya membatasi konsumsi makanan berlemak serta berbumbu tajam dan pedas. Pasalnya, jenis makanan tersebut bersifat merangsang produksi asam lambung yang bisa membuat lambung teriritasi. Tak mau kan waktu liburan Anda terganggu oleh lambung yang ‘memberontak’ sepanjang waktu?jika perlu, sediakan selalu obat pereda sakit maag di dalam tas Anda.

Itulah beberapa tips mengenai makan sehat di saat hari raya tiba. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca  juga artikel mengenai jenis-jenis makan yang cocok Anda santap saat maag menyerang lambung Anda. ‘Inilah Cara Berdamai dengan Maag! '




Reference  : CHIC/2009/Makan Sehat di Hari Raya/Jakarta/KOMPAS GRAMEDIA
Lecturer    : Deva Ardiansyah, S.Kom

0 komentar:

Posting Komentar


up