Inilah Cara Berdamai dengan Maag!


http://images.joglosemar.co/2013/07/maag-ilustrasi.jpg


Assalamualaikum.
Pada kesempatankali ini Saya ingin sedikkit berbagi mengenai penyakit maag. Salah makan sedikit saja, perut Anda langsung kembung dan ulu hati nyeri sepanjang hari. Agar hidup lebih nyaman, kenali jenis-jenis makanan yang cocok Anda santap.


KENTANG

Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik sehingga mampu memberikan rasa kenyang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat alkali di pagi hari juga bermanfaat untuk menetralkan asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

PISANG MASAK

Jenis buah-buahan yang mengandung kalium seperti pisang, melon, papaya, dan tomat baik dikomsumsi karena kandungan kaliumnya berperan dalam menyeimbangkan PH atau derajat keasaman di dalam lambung. Pisang juga mendatangkan perasaan kenyang sehingga amat baik dikomsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang kaya potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

BROKOLI

Brokoli merupakan sumber kalium dan zat sulfur yang baik. Sulfur adalah precursor glutation yang berperan sebagai proteksi antioksidan terhadap lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Alternatifnya bawang merah dan bawang putih.

LIDAH BUAYA

Konsumsi lidah buaya bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Lidah buaya mengandung saponin yang mempunyai kemampuan membunuh kuman, serta  senyawa antrakulonin dan kuinon, sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel bari pada kulit. Kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

PERMEN KARET

Ternyata permen karet menunjukkan bahwa mengunyah permen karet low sugar setelah makan, dapat membantu menurunkan keasaman lambung. Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralkan asam. Selain itu dapat juga menungkatkan upaya pembersihan lambung.

HINDARI!!!

Makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam karena bisa menyebabkan iritasi lambung.

Minuman berkafein seperti softdrink, kopi, the kental, dan minuman beralkohol. Konsumsi kafein mampu merangsang pembentukan asam lambung dan alcohol beresiko melukai lapisan dalam kulit lambung.

Makanan berlemak atau yang dimasak dengan cara digoreng dan diproses dengan mentega. Lemak adalah zat nutrisi yang sulit dicerna sehingga menyebabkan lambung Anda bekerja keras dalam prosesnya.

Hanya ini tips mengenai makanan yang layak dikomsumsi pagi penderita maag. Semoga bermanfaat dan intip juga artikel yang berhubungan dengan makan sehat saat hari Lebaran ‘Makan Sehat di Hari Raya’.
Wassalam



Reference : CHIC/2008/Berdamai dengan Maag/Jakarta/KOMPAS GRAMEDIA
Lecturer : Deva Ardiansyah, S.Kom

0 komentar:

Posting Komentar


up