Sang Guru Terbaik

Assalamualaikum…
Sang Guru Terbaik adalah makna kiasan dari suatu kata yang memiliki banyakmakna dan pelajaran berharga di dalamnya. Itulah “Pengalaman”. Kadang kita merasa kalau pengalaman pahit itu, membuat kita benci terhadap orang atau kejadian itu. Padahal sebenarnya di balik itu terdapat pelajaran di balik itu semua.

Contohnya, saat kita pernah mengalami pengalaman buruk dengan seseorang, mungkin kita berpikir kalau dia adalah orang yang patut kita benci. Namun dibalik itu semua terdapat pelajaran yang berharga. Saat kita jatuh di suatu lubang, pasti makin terasa sakitnya ketika harus jatuh berkali-kali di lubang yang sama. Harusnya dari beberapa peringatan tersebut kita tersadar dan bertekad keluar dari lingkaran tersebut. Nah dari pengalaman itu membuat kita berpikir untuk mengatasinya.




Petunjuk itu bukan datang secara tiba-tiba, tapi petunjuk itu datang karena kita mau mencarinya. Jangan sampai kita tak sadar akan banyaknya peringatan yang telah Allah berikan kepada kita. Jangan sampai kita memiliki mata namun tak dapat melihat, memiliki telinga namun tak bisa mendengar, dan memiliki hati yang tidak bisa merasakan. Pengalaman itu pula yang mendewasakan kita dan semua pasti butuh proses.

Tiada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, dan tiada kata terlambat untuk mengakhiri yang buruk.

Semoga kalian senantiasa belajar dari “Sang Guru Terbaik” yang tidak mungkin sama dengan siapapun. Semoga bermanfaat. Wassalam.



0 komentar:

Posting Komentar


up